Arduino Uno
Keypad
LCD
2. Rangkaian Simulasi [kembali]
3. Prinsip kerja rangkaian [kembali]
Keypad akan terhubung dengan pin digital arduino dan kemudian output akan ditampilkan pada LCD melewati pin analog arduino. Angka-angka pada keypad nantinya akan dikodekan pada arduino, kemudia arduino akan memproses dan membentuk dalam biner dan kemudian biner tersebut ditampilkan pada LCD.
#include <Key.h>
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'},
{'7','8','9'},
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad
// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
// set up the LCD's number of columns and rows:
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(6, 1);
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) {
lcd.print(key);
}
}
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'},
{'7','8','9'},
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad
// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
// set up the LCD's number of columns and rows:
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(6, 1);
}
void loop() {
char key = keypad.getKey();
if (key) {
lcd.print(key);
}
}
Keypad yang digunakan berdimensi 4 baris dan 3 kolom. Tiap array akan menampilkan 1 karakter. Jika menekan 1 (array 0,0) , maka pin yang terhubung akan menkodekan nya melalui arduino, dan nantinya akan diubah ke dalam bentuk biner. Selanjutnya, Biner tersebut akan didekodekan melalui pin analog arduino yang terhubung dengan LCD sehingga nanti angka yang ditekan pada arduino akan tampil pada LCD. Untuk mengatur letak tampilan pada LCD, maka Codingan arduino berperan, dimana diatur cursornya pada baris 2 kolom 7, sehingga di setCursor (6,1) karena dimulai dari 0. Ditekan angka 5,6,7 dan 8 sehingga akan tampil angka tersebut pada LCD pada letak cursor di baris 2 kolom 7.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar